InstaForex

Sabtu, 13 Oktober 2012

8 Tumbuhan Pemangsa Serangga Paling Ganas

Tumbuhan Pemangsa Serangga
Tidak selalu yang namanya tanaman atau tumbuhan itu hanya menyerap mineral dan nutrisi dari tanah untuk mendapatkan sumber makanan.Ada juga banyak  jenis tumbuhan yang lebih mengandalkan sumber nutrisi untuk tumbuh dan bertahan hidup dengan memangsa serangga.Jadi tidak hanya binatang saja yang memiliki sifat carnifora,ada juga tumbuhan yang juga disebut sebagai tumbuhan carnifora. 
Namanya juga tumbuhan,jadi cara yang digunakan tidak berlari mengejar mangsanya seperti hewan.Namun cara Tumbuhan carnivora untuk mendapatkan mangsanya adalah dengan jalan menjebaknya dengan perangkap khusus yang dimilikinya.Melalui sifat sifat yang mampu menarik mangsa (berdasarkan bentuk, warna, bau, atau sarana lainnya) tumbuhan ini menjebak kemudian mencerna dan menyerap nutrisi hasil cerna.
Cara mencerna mangsa utamanya dengan menggunakan enzim pencerna dan bantuan dari  aktivitas bakteri. Beberapa tanaman karnivora tidak memproduksi enzim dan hanya mengandalkan peruraian oleh bakteri saja. Organ pencerna tanaman karnivora adalah daun yang termodifikasi. Ada satu tanaman yang tidak bersifat karnivora namun bijinya menunjukkan sifat tersebut, yaitu Capsella bursa-pastoris (Brassicaceae). Biji tanaman ini mampu menarik, membunuh, dan mencerna protozoa, nematoda, dan bakteri.
Ada banya Jenis Tanaman Karnivora ,yaitu Ada sekitar 600 spesies tanaman carnivora,namun disini hanya menampilkan top 10 tumbahan karnivora saja. 


Tumbuhan Pemangsa Serangga
10.Portuguese sundew (Drosophyllaceae lusitanicum) adalah tanaman asli Portugal, Spanyol dan Maroko, dan merupakan salah satu dari beberapa tanaman karnivora yang tumbuh di tempat yang kering seperti tanah alkalin. Tanaman ini memiliki aroma yang berbeda untuk menarik mangsa seperti serangga. Serangga yang tertangkap oleh lendir yang dikeluarkan oleh kelenjar yang terdapat pada daun.





Tumbuhan Pemangsa Serangga 9.Tanaman Cobra atau California pitcher plant (Darlingtonia) ditemukan di utara California dan Oregon, hidup di rawa dan di air yang mengalir. Daun berbentuk tabung yang tampak seperti kobra dengan daun yang bercabang. Tidak seperti  tumbuhan yang lain, daunnya tidak menghasilkan enzim pencernaan.




Tumbuhan Pemangsa Serangga

8.North American Pitcher Plant(sarracenia) memiliki saluran untuk menjebak serangga. Saluran ini memiliki panjang  1 m . Hidupnya di rawa-rawa di wilayah timur , selatan Amerika Serikat dan Kanada. Serangga tertarik oleh nektar yang berada di bibir perangkap, serta kombinasi dari warna dan aromanya.











 7.Mocassin plant or Western Australian pitcher plant (Cephalotus) hidup di barat daya Australia. Tanaman ini juga memiliki perangkap dengan mulut yang lebih lebar , tapi lebih pendek.

Tumbuhan Pemangsa Serangga



6.Pitcher Plants (Nepenthes)  memiliki perangkap yang paling spektakuler, bahkan bisa dibilang yang paling canggih. Tanaman ini tumbuh dari Madagaskar dan Asia tenggara sampai ke timur laut Australia.














Tumbuhan Pemangsa Serangga 5.The Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula) hidup di rawa di North dan South Carolina (tenggara Amerika Serikat). Tanaman ini menangkap dan mencerna mangsa terutama serangga dan arakhnida dengan perangkap yang dibentuk oleh bagian dari sisi masing-masing dari daun.









Tumbuhan Pemangsa Serangga  
4.Waterweel plant (Aldrovanda) jenis yang berkaitan dengan sundews. Satu-satunya spesies ini ditemukan di Eropa, Asia, Afrika dan Australia, hidup di dalam air. Perangkap berada sekitar ditengah atangnya,yang terdiri dari dua lobus yang membuka bersama untuk membentuk seperti sebuah buku yang terbuka. Perangkap akan memutar sehingga titik bukaan perangkap berada diluar dan di dalam dilapisi oleh lapisan rambut pemicu, dan akan menutup jika ada kontak dengan invertebrata air yang terperangkap.




Tumbuhan Pemangsa Serangga 3.Bladderworts (Utricularia dan Polypompholyx), Tanaman ini terkait  dengan butterworts dan mewakili genus terbesar tanaman karnivora (lebih dari 200 jenis), bahkan lebih banyak daripada sundews.










Tumbuhan Pemangsa Serangga

 2.Butterworts (Pinguicula) hidup di daerah daerah basah di Amerika, Eropa dan Asia Utara.Tanaman ini menggunakan kelenjar daunnya yang lengket untuk memikat, menjebak, dan mencerna serangga.

Tumbuhan Pemangsa Serangga


1.Sundews (Drosera) yang mewakili lebih dari 170 spesies,adalah di antara tanaman karnivora yang paling banyak ditemukan di seluruh dunia, di semua benua (kecuali Antartika).
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 INFO BISNIS ONLINE
Designed by Digimart
Posts RSSComments RSS
Back to top