InstaForex

Selasa, 23 Oktober 2012

Cara Cepat Membuat Blog Wordpress Hosting sendiri dalam 5 Menit

Cara membuat Blog Wordpress Hosting sendiri
Wordpress (self hosting) adalah platform blog opensource gratis yang banyak sekali memilki kelebihan yang tidak dimiliki oleh platform blog lain.Banyak pengembang yang mendedikasikan karyanya untuk mendukung wordpress,mereka telah mengembangkan dan menyediakan ratusan template gratis,ratusan plugin gratis dll.
Wordpress merupakan mesin blog yang bisa diintegrasikan dengan template dan plugin khusus,misalnya template dan plugin Toko Online.Dengan plugin/template toko online,anda akan sangat mudah membuat toko online sendiri.Itulah kenapa wordpress sangat digemari oleh webmaster dan bloger diseluruh dunia.Baca Kedahsyatan blog wordpress

Untuk membuat blog wordpress,tentu saja anda harus memiliki hosting yang bisa anda sewa.Jika belum memiliki akun hosting,tentunya anda harus melakukan order kepada jasa pengelola server (webhosting).
Daftarkan nama domain plus hosting untuk blog wordpress anda di jasa webhosting yang paling banyak dipercaya dan digunakan oleh banyak bloger di Indonesia.Menduduki peringkat nomer satu sbg webhosting terbaik Indonesia,MWN juga melayani sewa hosting dan order domain termurah.Hanya Dengan paket domain .com hanya Rp 75.000,-/tahun dan hosting hanya Rp 950,-/bulan anda sudah dapat mengelola blog wordpress anda.Bukan itu saja,semua paket hosting yang ada akan mendapatkan Unlimited Bandwidth!.Tidak harus mahal untuk bisa mendapatkan kelebihan blog wordpress yang dahsyat.
Daftarkan domain hosting anda di masterwebnet


Cara membuat Blog Wordpress Hosting sendiri
Setelah anda selesai melakukan order dan pembayaran atas domain dan hosting,anda akan mendapatkan password dan username untuk masuk kedalam cpanel hosting anda.Disanalah anda akan melakukan penginstalan worpdress anda dengan fasilitas autoinstaller,membuat bermacam jenis situs hanya dengan sekali klik.
1.Mulai login kedalam cpanel hosting:


Cara membuat Blog Wordpress Hosting sendiri
2.Setelah anda berada didalam cpanel anda,pilih mana CMS yang ingin anda install dengan autoinstaller,dalam hal ini wordpress,maka pilihlah wordpress seperti gambar:
Cara membuat Blog Wordpress Hosting sendiri

3.Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman installer wordpress,dan plih Install
Cara membuat Blog Wordpress Hosting sendiri
Cara membuat Blog Wordpress Hosting sendiri


4.Kemudian Anda harus mengisi form yang berisi dengan konfigurasi anda untuk blog wordpress yang akan anda install,Gambar:
Cara membuat Blog Wordpress Hosting sendiri



Petungjuk Pengisian form Konfigurasi:

Choose protocol: Pilih http://www. ,jika tanpa www maka URL blog anda tidak bisa diakses tanpa www.

Choose domain: Domain dimana anda akan menginstall wordpress ,bisa di root utama domain atau di subdomain (jika anda sudah membuat subdomain dan subfolder).Jika menginstall didomain utama maka plihlah situsanda.com,atau jika ingin menginstall disubdomain,maka ada pilihan sub.situsanda.com

In Directory:Jika anda ingin menginstall didomain utama seperti www.maydomain.com,maka biarkan saja kosong.
Jika ingin menginstal di subdomain misalnya www.maydomain.com/blog,isi dengan nama folder blog dimana anda ingin menginstallnya.Dengan catatan folder dir blog sudah dicreate di root public_html.

Database Name:Nama database yang diinginkan,biarkan saja pada default.

Table Prefix: Nama Tabel database,biarkan saja seperti default.

Site Name: Isikan Nama Blog Anda e.g: Situs Penjualan Elektronik

Site descriptions : Isikan dengan deskripsi situs e.g: Situs ini menjual aneka barang elektronik rumah tangga

Enable Multisite :Option (boleh centang atau tidak).Ini pilihan jika ingin membuat banyak blog wordpress (WPMU) hanya dalam satu instalasi blog dan satu panel/dashboard admin.Fungsi ini sudah ada semenjak wp versi 3.0.Hanya itu saja yang saya ketahui, untuk lainnya belum mencoba.Boleh juga kalau anda ingin bereksperimen, maka centang saja fungsi fitur ini.Tapi jika ada kesalahan/notwork, maaf saya tidak bisa memberikan solusi pemecahan masalah:).
Jika tidak ingin membuat multiple blog, maka fungsi ini tidak usah dicentang.

Admin Username: Buat username anda,nanti akan dipakai untuk login sebagai admin di blog wordpress anda.

Admin Password: Buat Password admin,nanti digunakan untuk password masuk admin area.

Admin email:Masukkan email yang Anda punya,mungkin berguna nanti jika lupa password.

Choose language: Pilih bahasa mana yang ingin dipakai untuk admin area blog anda.Tidak ada pilihan untuk bahasa Indonesia.

Install: Sebelum klik Install,pastikan sekali lagi semua yang anda isikan diatas sudah betul.Jika semua sudah benar,mulai menginstal wordpress dan klik install. proses sebentar,kurang dari 1 menit.

Jika anda sudah selesi menginstall,maka otomatis akan dibawa kedalam sebuah halaman.Dihalaman tersebut akan di berikan Link untuk blog wordpress anda yang baru saja anda buat, sekaligus link untuk masuk kedalam admin area.

Jika Installasi blog anda tadi sukses,maka blog sudah bisa diakses baik URL Index blog ataupun Admin area.Jika ternyata ada kesalahan dan blog anda gagal dibuat,anda harus memulai proses penginstallan dari awal lagi.
Bisa saja instalasi gagal oleh sebab internet yang lambat,namun jangan kuatir karena tidak akan menjadi masalah yang serius/bisa diulangi lagi.

5.Sekarang blog anda sudah jadi.Mulailah aktifitas anda sebagai admin dari blog wordpress anda,dengan melakukan hal hal yang dianggap perlu misalnya mengganti tema default ,melakukan konfigurasi permalink,general setting, menambahkan plugin dll.Selanjutnya tinggal posting dan posting.

Pastikan hosting anda menyediakan autoinstaller dan POP3 mail,Tidak semua hosting menyediakan fasilitas gratis autoinstaller.

Tips Tips Penting

Jika Anda hanya ingin membuat blog wordpress di MWN, saya sarankan untuk memilih fasilitas control hosting SPANEL, caranya juga sama mudahnya jika menggunakan CPANEL.

CPANEL maupun SPANEL fungsinya sama, keduanya adalah panel hoting.Hanya saja Spanel lebih simpel dan ringan daripada CPANEL, dan Spanel hanya dimiliki oleh MWN.

Sebenarnya memilih hosting untuk blog yang bertarget visitor banyak masih lebih baik server dari hosting luar.Namun pertanyaannya apakah anda sanggup berkomunikasi bahasa ingggris dengan teknikal supportnya jika ada masalah?,,,,,Sebab menghosting blog sendiri kita harus selalu siap jika sewaktu waktu ada masalah berkaitan dengan hosting.Teknikal support dari webhosting sangatlah penting, dan ini adalah salah satu pertimbangan utama untuk memilih webhosting selain kualitas server dan fasilitas lain.

Kalau saya cukup menggunakan MWN , dimana sampai saat ini MWN masih sebagai webhosting Indonesia terbaik, yaitu memiliki server shared hosting yang tergolong cepat dan stabil.

Sekali lagi jika belum memiliki hosting,atau ingin ganti webhosting terbaik (terutama wordpress dan situs toko online), segera daftarkan hoting anda di MWN-MasterWebNetwork


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 INFO BISNIS ONLINE
Designed by Digimart
Posts RSSComments RSS
Back to top