InstaForex

Senin, 22 Oktober 2012

Cara Mudah Menguji Kadar Emas dengan Cepat

Cara Menguji Kadar Emas
Agar Emas dapat diciptakan sebagai perhiasan yang kuat dengan warna yang inda sesuai keinginan maka emas harus dicampur dengan logam lain.
Cara Menguji Kadar Emas

Contohnya: Jika Ingin mendapatkan warna kuning,emas dicampur dengan perak,untuk meciptakan warna perhiasan emas merah perlu dicampur dengan tembaga.Dan untuk mendapatkan warna perhiasan emas putih,maka emas murni perlu dicampur dengan sari dan nikel.

Logam untuk bahan pencampur emas biasanya disebut alloy. Alloy adalah campuran dari komposisi beberapa jenis logam pilihan ,sehingga bisa menghasilkan kualitas logam yang diinginkan.
Misalnya, tembaga jika dicampur dengan nikel, maka akan menghasilkan jenis logam komposit yang keras dan tahan aus. Jenis logam seperti ini biasanya digunakan untuk membuat uang logam atau koin.

Kita kembali lagi pada Cara Menguji Kadar Emas.Jika Anda membeli emas ditempat mana pun diseluruh dunia, janganlah merasa segan apalagi takut untuk meminta penjual melakukan ujicoba kadar emas.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menguji kadar emas. Yang paling umum dipakai di toko emas adalah menggunakan gold tester. Tempelkan ujung jarum alat tersebut pada emas, tak berapa lama kemudian akan ketahuan kemurniannya. Namun ada kelemahandari alat ini yaitu, alat ini hanya bisa menyentuh permukaan emas, dan tidak sampai ke dalamnya. Cara uji yang lainnya bisa juga pengujian menggunakan teknik gosok batu yang lantas ditetesi asam nitrat dan klorida.
Cara lain menguji kadar emasa yang lebih mantab dan akurat adalah melakukan uji laboratorium.

Perhitungan kadar Emas

Sebaiknya anda agar selalu memperhatikan kadar kemurnian dari emas ini. Emas batangan umumnya menggunakan penghitungan kadar kemurnian dalam presentase. Semakin tinggi persentasenya, maka semakin dekat kadar kemurniannya dengan emas murni atau logam mulia (24 karat).
Dalam perdagangan emas batangan, batas toleransi kadar emas hanya boleh meleset tipis, yaitu maksimal 0.05 % dari emas murni.
Sedangkan batas toleransi kadar emas untuk perhiasan jauh lebih besar, yaitu  0,5 (setengah) persen.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 INFO BISNIS ONLINE
Designed by Digimart
Posts RSSComments RSS
Back to top