InstaForex

Minggu, 01 Juli 2012

Vaksinasi untuk anjing

Vaksinasi untuk anjing

vaksinasi untuk anjingKami semua tahu apa itu vaksin dan mengapa kita perlu vaksinasi. Prinsip yang sama berlaku juga  untuk anjing, yang juga perlu diberi vaksinasi. Vaksinasi membantu menjaga anjing dari penyakit serta mencegah penyakit anjing yang mungkin akan ditularkan kepada manusia. Kebanyakan pemilik terlalu malas untuk membawa hewan peliharaan ke dokter hewan. Banyak pemilik hewan peliharaan mengalami kesalahpahaman tentang mendapatkan vaksinasi untuk anjingnya. Hal ini penting untuk mendapatkan anjing Anda,selain membantu menjaga kesehatan. Hal ini juga membantu agar anda tidak terlalu sering mengunjungi dokter hewan,karena anjing anda senantiasa dalam keadaan sehat.
Mari kita lihat di berbagai vaksin untuk anjing.

Vaksin untuk Anjing
Salah satu kebutuhan untuk memberikan hanya satu dosis vaksin hidup yang dimodifikasi untuk vaksinasi anjing. Efek samping dari vaksin ini termasuk kemungkinan bahwa vaksin mungkin menjadi aktif. Hal ini dapat menyebabkan penyakit pada hewan, bukan mencegah. Hal ini bisa terjadi pada seekor anjing dengan sistem kekebalan tubuh sangat lemah. Vaksin mati tidak akan memberikan kekebalan lokal seperti vaksin hidup yang sudah dimodifikasi. Mereka dapat menyebabkan reaksi alergi pada hewan tersebut.Kita juga perlu memberikan dosis yang sesuai untuk menjaga masalah kesehatan anjing

Terlepas dari berbagai jenis vaksin untuk anjing, vaksinasi lebih diklasifikasikan menjadi dua yaitu vaksinasi inti dan vaksinasi non-inti. Vaksin inti untuk anjing adalah vaksin yang perlu diberikan kepada setiap anjing dimana saja. Vaksin non inti  adalah yang diberikan kepada anjing berdasarkan lokasi geografis atau jenis dari gaya hidup si anjing.
Mari kita lihat vaksinasi anjing secara umum.

Vaksinasi umum untuk Anjing

1.Vaksinasi inti


Rabies
Vaksin rabies untuk anjing adalah vaksin pertama kali  yang harus Anda pikirkan. Rabies pada anjing adalah penyakit virus yang sudah terbukti bisa berakibat fatal yang  menyerang sistem saraf anjing.Penyakit rabies bisa menyebar kepada hewan lain atau bahkan manusia jika terkena gigitan atau cakaran anjing yang terinfeksi. Masa kekebalan untuk vaksin rabies anjing tergantung pada jenis vaksin yang diberikan kepada binatang itu.


Canine Distemper
Penyakit akibat virus yang fatal lain pada anjing  adalah distemper. Penyakit ini mempengaruhi saluran pernapasan atau pencernaan dari hewan yang terinfeksi. Dalam beberapa kasus, hal itu juga mempengaruhi sistem saraf anjing. Masa kekebalan anjing untuk vaksin virus hidup untuk distemper lebih dari 1 tahun.

Parvovirus
Terinfeksi Parvovirus pada anjing menyebabkan dehidrasi berat akibat muntah terus menerus dan diare berdarah. Dalam beberapa kasus hal ini juga dapat menyebabkan kematian. Sel-sel darah putih anjing yang hancur akan membuat sistem kekebalan tubuh sangat lemah. Masa kekebalan vaksin untuk Parvovirus lebih dari 1 tahun.

Influenza
Ini adalah penyakit yang mempengaruhi sistem pernapasan anjing. Hal ini dapat disebabkan karena bakteri atau virus. Hal ini menyebabkan peradangan ringan sampai parah pada  organ pernapasan seperti trakea, bronkus serta paru-paru dan menyebabkan munculnya batuk non-produktif. Infeksi bakteri sekunder yang terjadi pada  anjing yang lemah dapat menyebabkan pneumonia. Vaksinasi influenza memberikan kekebalan moderat.

Kennel cought
Vaksin Kennel cought  membantu mengusir virus yang sangat menular peyebab  penyakit kennel cought (batuk). Virus ini mempengaruhi bronki dan trakea. Hal ini menyebabkan, batuk kering yang keras,.

Hepatitis
Canine hepatitis adalah penyakit virus yang sangat menular yang disebabkan oleh adenovirus. Ada dua jenis adenovirus, tipe 1 dan tipe 2. Vaksin Adenovirus tipe 2 dapat memberikan perlindungan terhadap hepatitis kedua tipe 1 dan tipe 2 .

2.Vaksinasi Non Inti


Bordetella
Penyebab utama penyakit saluran pernafasan atas pada anjing adalah Bordetella. Ini adalah infeksi bakteri yang menyebabkan anjing batuk parah dan tersedak. Ini adalah penyakit udara yang mengarah ke kennel cough pada anjing.

Coronavirus
Coronavirus penyebab diare berat pada anjing. Vaksin coronavirus umumnya diberikan kepada anak anjing yang sekitar usia  7, 10, 13 dan 16 minggu. Anjing dewasa yang belum pernah diberi vaksin coronavirus diberikan dua dosis yang tiga minggu.


Giardia
Vaksin giardia membantu mencegah terjadinya parasit protozoa yang menyebabkan giardiasis atau giardia pada anjing.

Leptospirosis
Leptospirosis pada anjing adalah suatu kondisi yang mempengaruhi ginjal dan hati anjing. Sebagian besar waktu vaksin untuk leptospirosis diberikan dalam kombinasi dengan vaksinasi lain untuk anjing.

Penyakit Lyme/lyme deseases
Penyakit Lyme pada anjing adalah penyakit yang sangat serius yang menyebabkan arthritis dan kelesuan. Menyebar oleh gigitan kutu dan sebagian besar terlihat sebagai risiko dari letak geografis. Vaksin untuk Penyakit Lyme sangat penting untuk  daerah yang rawan .

Jadwal vaksinasi untuk Anjing
Anda perlu konsultasi dengan dokter hewan mengenai jadwal vaksinasi untuk anjing yang sesuai dengan umur anjing  peliharaan Anda. Banyak pemilik hewan peliharaan umumnya membawa anak anjing rumah dan dengan demikian, perlu melalui jadwal anjing tembakan. Berikut ini adalah jadwal vaksinasi singkat untuk anjing yang dapat membantu Anda merencanakan vaksin yang berbeda.


Umur Vaksin yang diberikan (untuk anjing)
6 - 8 minggu DHLPPC (Distemper, Adenovirus type 2, Leptospirosis, influenza, Parvovirus, Coronavirus)
11 - 12 minggu Vaksin kedua DHLPPC
15 - 16 minggu Vaksin ketiga DHLPPC
Lebih 4 bulan Rabies (diulang setiap 1tahun)
7 - 9 bulan Tes pertama untuk memerikas cacing hati
Umur lebih dari 1 tahun Dosis tahunan DHLPP, Bordatella, Rabies (setiap 3 tahun setelah vaksin  kedua) dan uji cacing hati.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 INFO BISNIS ONLINE
Designed by Digimart
Posts RSSComments RSS
Back to top