InstaForex

Senin, 23 April 2012

Gideon Sundback

Gideon Sundback - Sang penemu resleting
Ada yang unik dengan google hari ini,seolah halaman muka google dikasih sebuah tirai yang bisa terbuka seperti resleting jaket.
Ada ada saja improvisasi google ini,,,,,,gimana ceritanya?....ini tak lepas dari turut memperingatinya google untuk ulang tahun Gideon Sundback, insinyur Swedia-Amerika listrik paling sering dikaitkan dengan pengembangan resleting yang merevolusi industri pakaian.
Gideon Sundback

Gideon Sundback


Biar tidak penasaran,tidak ada salahnya untuk mengetahui siapakah Gideon Sundback tersebut.
Sebelum masuknya  Sundback, ide untuk membuat penambat berdasarkan gigi gigi sempat beredar di kalangan insinyur selama lebih dari 20 tahun ,namun  tidak ada yang mewujudkannya apalagi untuk menyempurnakannya.

Hasil dari inovasi Gideon Sundback adalah membikin  bergabung antara dua baris bergigi yang kuat .Karena pada saat itu sebelumnya  tidak ada satu gigi memiliki cukup ruang untuk bergerak ke atas atau ke bawah dan datang terpisah. Selain itu,Dia juga menciptakan mesin produksi untuk membuat ritsleting.

Lahir pada tanggal 24 April, 1880 di Sm�land, Swedia, ia pindah ke Jerman mengikuti studinya dan beremigrasi pada tahun 1905 ke AS, di mana ia mulai bekerja di Westinghouse Electric dan Manufacturing Company di Pittsburgh, Pennsylvania.

Setahun kemudian, dia direkrut untuk bekerja untuk Universal Fastener Company di Hoboken, New Jersey, dan menjadi desainer  di tahun 1909.

Sundback awalnya mengusulkan ritsleting baru sebagai pengganti kait-dan-mata pengencang pada sebuah penemuan sepatu bot, namun pada akhirnya telah menjadi fitur biasa untuk celana panjang dan gaun di tahun 1930-an.

Sundback meninggal karena serangan jantung pada tahun 1954 dan dikebumikan di pemakaman Greendale di Meadville, Pennsylvania.

Jangan dianggap sepele lho resleting ini,saya kira nilainya setara dengan penemuan James Watt,Newton dan banyak penemu lainnya.Coba bayangin kalau tidak ada resleting,dijamin bakal ribet deh urusannya,,,, :D

Sumber: guardian.co.uk
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 INFO BISNIS ONLINE
Designed by Digimart
Posts RSSComments RSS
Back to top